Sabtu, 03 Juli 2010

Aku Pasti Bisa!

Sekitar tiga belas tahun yang lalu, kamu belum ada, belum menghirup udara dunia. Kini, ga kerasa kamu udah memasuki tahun pertama sekolah menengah lanjut (aliyah). Kebayang ga si perjalanan hidupmu dari kamu ukuran centimeter sampe segede sekarang. Yakin, kamu pasti udah melalui banyak hal, suka duka, ketemu sama orang yang nyenengin sama nyebelin, de es te.
Kamu sedikit-sedikit udah punya pengalaman yang bikin kamu bungah, yang bikin kamu nangis, dan yang bikin kamu campur aduk. So pasti kamu juga udah paham mana yang baik en mana yang buruk.
Trus, kamu menyadari kalo ternyata kamu udah banyak belajar, banyak tuh, hal-hal yang udah bisa kamu lakukan. Pernah ngerasa gagal ga? Pernah. Pernah ngerasa minder? Iya. Lantas apa yang biasanya kamu lakukan? Bingung.
Hidup katanya penuh misteri sebagaimana cinta. Kadang-kadang, kita ga ngerti mesti melakukan apa. Dan terkadang, kita bingung pas kita selesai melakukan sesuatu, buat apa kita ngakuin ini semua.
Fakta yang terungkap adalah, banyak hal dari hidup yang kadang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Banyak tuh, yang membuat kita sakit hati, membuat kita patah hati ehm, dan banyak deh pokoknya yang nyebelin banget tau nggak...hi
Stop! Kita ga bisa terus-terusan kayak gini. Kita ga boleh nyalahin sesuatu di luar diri kita, apalagi nyalahin hidup, nyalahin nasib. Ga deh. Percuma aja, coz kamu bakalan kena pepatah, anjing menggonggong, kafilah berlalu. Anjingnya capa? Kamu.. Hehe.
Sorry, becanda. Eh betul lho, kalau kita sering mengeluh, sukanya marah-marah, sama saja kayak yang menggonggong itu lho. Dikira, nasib bisa berubah, nggak bakalan, justru nasib bakal seperti kafilah berlalu, untung kafilahnya nggak nimpuk pake batu, hua-hua...
Intinya ada pada diri kita, Bro.. Kita yang harus ngendaliin situasi, bukan dikendaliin sama situasi. Kita kan punya akal sehat, punya hati nurani, punya tangan dan kaki, udah maksimal belum? Kita harus percaya kalau kita bisa. Barangsiapa yang menginginkan sesuatu, maka seluruh semesta akan bersatu bahu membahu untuk mewujudkannya. Kalau gak terwujud, itu berarti kita gak benar-benar menginginkannya. “If you thik you can; you can." Jika kamu berfikir kamu bisa; kamu benar-benar bisa.
So, di lingkungan sekolah yang baru ini, buatlah keinginan yang luhur, gantungkan cita-cita yang tinggi, yakinlah kamu bisa. Jadilah luar biasa! An jangan lupa berdoa yach.. Moga sukses!

(Mannar Media Edisi Perdana No.1/ 12 Juli 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar